Home / Kegiatan / I Gusti Putu Rakadhanu Tetap Berkarya di Usia Senja

I Gusti Putu Rakadhanu Tetap Berkarya di Usia Senja

Igusti Putu RakadhanuPencipta lagu, I Gusti Putu Rakadhanu yang kini berusia 71 tahun masih aktif menciptakan lagu. Di masa pensiunnya ia lebih giat dalam berkesenian dan aktif dalam berbagai kegiatan. Beliau menceritakan, bahwa ia menulis lagu dari tahun 1960. Saat itu lagu pertamanya berjudul embun pagi. Tak ada bakat ataupun ilmu tentang musik yang ia bekali. Ia hanya belajar otodidak bersama teman-temannya, hingga ia membentuk sebuah band yang bernama Putra Dewata. Setelah beranjak dewasa dan ia masuk ke Kepolisian, ia ditempatkan di kelompok musik, dan disanalah ia belajar secara formal tentang musik.

“Idealisme saya tinggi sehingga juga mempengaruhi lagu ciptaan saya” katanya Sabtu (18/10) kemarin. Lagu ciptaannya kebanyakan bertemakan nasionalisme dan tentang pulau Bali. Dengan bermodalkan alat musik klarinet beliau menciptakan lagu. Tak butuh waktu lama untuk menciptakan sebuah lagu. “Cukup 10 menit saja bisa buat lagu, asal ada inspirasi” jelasnya lagi.

Ditemui saat menghadiri acara distribusi royalty dari yayasan KCI (Karya Cipta Indonesia), ia mengaku membuat lagu untuk dinas-dinas pemerintahan, institusi, kelompok-kelompok tertentu dan juga para orang tua yang ingin anaknya menyanyikan lagu-lagu beliau untuk lomba ataupun untuk direkam. Melalui KCI inilah karyanya dapat dihargai.

Sembari mengenang dan menyanyikan lagu ciptaannya ia menceritakan bahwa lirik lagunya mengandung pesan moral untuk masyarakat agar masyarakat dapat bercermin dari mendengarkan lagunya. Lagu berbahasa Bali mendominasi lagu ciptaannya karena beliau tidak mau mengacaukan karyanya dengan lagu bernuansa lain. Menurutnya lagu yang enak adalah lagu yang sesuai dengan nuansa bahasanya. (May)

Sumber : Bali Post